Web
Analytics

Cara Agar Android Support USB OTG dengan Mudah

Cara Agar Android Support USB OTG dengan Mudah – Jika anda memiliki gadget dan suka berfoto-foto atau suka menyimpan file-file lain yang membutuhkan space memory besar, sedangkan gadget anda ternyata kurang memiliki kapasitas memory yang besar, anda tak perlu khawatir. Karena dengan USB OTG anda dapat dengan cepat memindahkan file-file anda dari ponsel ke flashdisk.

Sebelum mengetahui cara agar android support USB OTG, perlu anda ketahui OTG adalah singkatan dari On The Go. Yaitu suatu fungsi pada perangkat ponsel android yang dapat digunakan untuk menyambungkan antara ponsel dengan flashdisk, keyboard portable,mouse dan kamera digital. Sehingga anda dapat menggunakan gadget-gadget tersebut dengan ponsel android anda sebagai hostnya.

Beberapa ponsel baru saat ini kebanyakan sudah otomatis support OTG, akan tetapi jika gadget anda belum bisa, dapat anda ketahui cara-caranya lewat langkah-langkah berikut ini:

Cara Agar Android Support USB OTG

  1. Ponsel android anda sudah harus di-root

Cara agar android support USB OTG yang pertama yakni sebaiknya dilakukan adalah dengan menjadikan ponsel anda pada keadaan telah di-root. Untuk mengetahui caranya, silahkan anda cari informasi tentang cara root ponsel android.

  1. Install aplikasi USB Host Check

Tahap kedua yaitu dengan menginstall aplikasi USB Host Check. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengetahui apakah ponsel anda support OTG atau belum.

  1. Cek file bernama “android.hardware.usb.host.xml”

Jika sesudah anda install USB Host Check muncul tulisan seperti ini “It appears that USB Host support is not enable on this device. A fix attempt can be performed” berarti ponsel android anda tidak memiliki file yang diperlukan untuk support OTG. Maka cara agar android support USB OTG yang harus anda lakukan adalah dengan membuat file “android.hardware.usb.host.xml” dengan aplikasi Notepad.

  1. Memasukkan kode

Cara selanjutnya adalah masukkan kode berikut ini:

<?xml version=”1.0” encoding=”utf-8”?>

<permissions>

<feature name=”android.hardware.usb.host” />

</permissions>

Masukkan kode tersebut pada file notepad yang telah anda buat sebelumnya dan simpan dengan format .xml.

  1. Pindahkan file pada ponsel android.

Cara selanjutnya adalah file “android.hardware.usb.host.xml” anda pindahkan ke ponsel android pada folder etc/permission. Jika mengalami kesulitan, anda dapat menggunakan aplikasi Root Explorer sebagai media memindahkan file tersebut dari komputer ke ponsel android anda.

  1. Terakhir, silahkan buka aplikasi USB Host Check

Jika file telah dipindah ke ponsel, cara selanjutnya adalah dengan membuka kembali aplikasi USB Host Check dan lakukan “re-check”. Jika proses tadi anda lakukan dengan benar, maka tidak akan ada masalah pada proses pengecekan ini dan akan muncul centang hijau. Hal ini menunjukkan kalau cara yang telah anda lakukan telah berhasil dan ponsel anda sekarang sudah menjadi support USB OTG. Jika ternyata belum berhasil coba cek dan lakukan ulang cara agar ponsel android support USB OTG yang sudah dijelaskan diatas.

Demikian beberapa cara agar android support USB OTG yang bisa aplikasikan pada smartphone anda jika smartphone anda belum support OTG.

Cara Agar Android Support USB OTG dengan Mudah | Aurah Nurul hidayah | 4.5
error: Content is protected !!