Cara Backup Data Tanpa Root Dengan Mudah

Cara Backup Data Tanpa Root Dengan MudahKata Backup mungkin sudah tidak akan asing lagi ditelinga anda yang sudah sering berkutat di dunia teknologi dan informasi seperti sekarang ini.  Kegiatan backup ini biasanya kita dengar atau kita lakukan pada perangkat komputer atau perangkat lain yang sejenis.  Tujuan dari dilakukannya backup ini biasanya untuk membuat sebuah cadangan atau arsip data agar suatu saat bisa dipergunakan kembali jika pada data yang lainnya terjadi kerusakan atau mungkin hilang.

Cara Backup Data Tanpa Root Dengan Mudah

Selain itu, tujuan lain dari dilakukannya backup ini adalah untuk bisa kembali pada sebuah titik teretntu dimana kita melakukan pengubahan data.  Jadi pada dasarnya backup ini bisa dibilang sebagai penggandaan sebuah data.  Tapi selain pada komputer atau perangkat sejenisnya proses backup ini bisa juga kita lakukan pada perangkat yang sedang populer saat ini yaitu android.

Proses backup ini sebenarnya bisa dengan mudah dilakukan dengan cara membackup aplikasi menjadi file apk.  Tapi dengan seperti itu akan terasa terlalu ribet jika suatu saat nanti kita harus memasang kembali aplikasi-aplikasi yang sudah kita backup tersebut secara satu per satu.  Karena kebanyakan cara backup dapat kita lakukan menggunakan android yang sudah melakukan akses Root maka pada kesempatan kali ini kita akan memberikan bagaimana cara melakukan backup data pada android tanpa melakukan root.  Penasaran seperti apa?  Berikut inilah cara backup data tanpa Root.

Cara Backup Data Tanpa Root

  1. Pertama anda harus mengunduh dan memasang terlebih dahulu aplikasi yang bernama “Helium – App Sync and Backup” di anroid yang anda miliki. Dengan menggunakan aplikasi yang bisa anda dapatkan secara gratis ini anda bisa melakukan Proses Backup data dengan mudah tanpa memerlukan kases Root.
  2. Setelah memasang aplikasi dalam android maka anda bisa mengaktifkan aplikasi ini pada PC agar fitur dari aplikasinya bisa anda gunakan.
  3. Jika sudah terpasang dalam komputer maka anda bisa kembali ke android yang anda miliki dan mengaktifkan fitur USB Debugging yang terdapat dalam Developer Options.
  4. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menghubungkan perangkat android yang anda miliki ke PC. Tunggulah beberapa saat sampai fitur aplikasi Helium ini selesai diaktifkan.
  5. Jika sudah selesai maka anda bisa langsung melakukan proses backup dengan membuka aplikasi Helium dalam android.
  6. Dalam proses backup ini dapat anda lakukan langsung pada semua aplikasi atau dapat anda lakukan dengan memilih satu per satu data yang ingin anda backup.
  7. Apabila anda ingin memilah data mana saja yang akan anda backup maka anda bisa memilij menu Backup pada aplikasi tersebut diikuti dengan memilih data mana saja yang ingin anda backup.
  8. Sementara jika anda ingin langsung membackup semua data maka anda bisa langsung saja memilih Select All.
  9. Anda juga dapat memilih aplikasinya saja atau mungkin datanya saja yang ingin anda backup menggunakan aplikasi ini.
  10. Jika sudah maka anda bisa membackup data yang tadi anda pilih. Sebelum proses backup dimulai anda akan diarahkan kesebuah halaman dimana anda bisa memilih lokasi untuk penyimpanan data backupan yang anda lakukan.  Selain itu disana juga anda bisa memilih jangka waktu kapan saja anda bisa backup data pada android yang anda miliki.

Baca juga : Cara Back Up Contact BBM Paling Mudah dan Aman

Seperti itulah tadi cara backup data tanpa Root.  Terima kassih dan selamat mencoba.

Cara Backup Data Tanpa Root Dengan Mudah | Hamdani Supiyan | 4.5