Web
Analytics

Cara Daftarkan Lokasi Bisnis Ke Google Maps Mudah

Anda memiliki tempat usaha? Ingin menambahkan lokasi usaha Anda di browser terbesar didunia? Tentu, informasi mengenai cara daftarkan lokasi bisnis ke Google Maps ini Anda ketahui. Mendaftarkan lokasi usaha, tidak hanya memudahkan orang untuk menemukan tempat kita. Tetapi juga bisa menjadi sarana promosi yang tentunya efektif untuk mengembangkan usaha kita, terutama di internet.

Internet, selain menjadi sarana untuk mencari berbagai informasi yang ada di dunia, nyatanya juga bisa menjadi lahan usaha. Hal ini terbukti dengan banyaknya bisnis-bisnis yang berjalan dengan baik berkat adanya media internet. Sebut saja bisnis online yang menjadi trend usaha yang dilakukan oleh masyarakat urban masa kini.

Cara Daftarkan Lokasi Bisnis ke Google Maps

Banyak yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet untuk bisnis ini. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan lokasi bisnis yang sedang dijalani. Pendaftaran ini bisa Anda lakukan pada layanan Google Maps yang kini menjadi browser terbesar di dunia.

Google Maps sendiri merupakan layanan gratis berupa gambaran peta untuk memudahkan pengguna menemukan suatu tempat melalui browser atau aplikasi. Tidak hanya lokasi bisnis, Anda juga bisa mendaftarkan lokasi penting lainnya, seperti kampus, kantor, perusahaan, rumah sakit, dan masih banya lagi. Langkah-langkah untuk mendaftarkan lokasi di Google Maps ini di antaranya adalah sebagai berikut;

  1. Buka aplikasi Maps pada perangkat atau bisa juga langsung mengetikan link Maps Google di addres browser Anda. Pada laman ini, usahakan Anda login dengan akun Gmail yang menjadi akun bisnis yang lokasinya akan didaftarkan.
  2. Isi form yang tersedia pada laman tersebut dengan memasukkan nama bisnis yang dikelola dan alamat lengkap, mulai dari negara, alamat lokasi, kota, provinsi, kode pos, hingga nomor yang bisa dihubungi. Proses ini merupakan cara daftarkan lokasi bisnis ke Google Maps terpenting, karena mempengaruhi tag search pada browser.
  3. Setelah mengisi data lokasi bisnis secara lengkap maka secara otomatis akan muncul peta pada laman tersebut. Supaya tepat sasaran, Anda bisa mengetuk opsi “Fix Incorrect Marker Location”. Ada 3 pilihan tampilan yang bisa Anda gunakan, yaitu Map, Satelite, dan Hybrid. Pilih tampilan Satelite untuk melihat peta secara jelas. Pada tampilan tersebut akan telihat lokasi bisnis yang telah Anda daftarkan, tandai dengan ikon “bola lampu” berwarna merah. Anda bisa melakukannya dengan menyeret ikon tersebut pada lokasi yang tepat.
  4. Jika lokasi sudah tepat maka langkah selanjutnya adalah mengetuk tombol Save, dan klik “Submit” dibagian bawah layar.
  5. Isi form data diri yang bisa dihubungi oleh pihak Google untuk mengonfirmasi proses pendaftaran tadi. Anda bisa memasukkan nomor telepon yang nantinya akan dihubungi oleh Google untuk memberitahukan kode konfirmasi. Kode ini nantinya dibutuhkan untuk mengkonfirmasi lokasi di Google Maps.

Pastikan alamat lokasi yang Anda isikan sudah benar dan tidak ada kekeliruan. Biasanya lokasi tersebut akan muncul di Google Maps 7 hari setelah tata cara daftarkan lokasi bisnis ke Google Maps dilakukan.

Semoga bermanfaat!

Cara Daftarkan Lokasi Bisnis Ke Google Maps Mudah | Yanti Adriyanti | 4.5
error: Content is protected !!