Cara Filter YouTube Untuk Anak Agar Aman dari Konten Berbahaya

Cara Filter YouTube Untuk Anak Agar Aman dari Konten Berbahaya – Dewasa ini, perkembangan teknologi yang semakin canggih, rupanya tidak berarti baik untuk semua kalangan, terutama anak-anak. Banyak bermunculan media sosial yang kini digandrungi oleh semua kalangan dan usia, salah satunya adalah YouTube.

Media yang sering dijadikan sarana penyiaran selain televisi ini memang kian populer. Terlebih lagi dengan trend vlogger yang kini banyak dilakukan oleh semua orang. Namun, yang sering terlupakan oleh para pengisi konten YouTube ini adalah pantas tidaknya sebuah konten untuk ditonton oleh anak. Untuk itu, diperlukan cara filter YouTube untuk anak.

Advertisement

cara-filter-youtube-untuk-anak

Menjaga Anak dari Konten YouTube

Kebebasan semua orang untuk membuat akun YouTube dan mengaksesnya saat ini sepertinya memiliki dua sisi mata pisau. Sisi positif dari kebebasan tersebut adalah semua orang diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri melalui channel YouTube. Anda juga bisa melihat berbagai inspirasi yang dibutuhkan dengan media siaran yang hingga kini telah berhasil mengenalkan orang-orang hebat di dunia.

Namun, sisi lainnya adalah masih banyak konten YouTube yang belum “ramah” untuk anak. Tentu, para orangtua mesti mengetahui hal tersebut, terutama bagi anak yang tidak lepas dari gadget disetiap kesempatannya.

YouTube yang menyiarkan berbagai siaran, seperti tutorial, informasi, berita, hingga acara televisi memang memiliki manfaat sebagai media hiburan. Namun, yang perlu menjadi catatan adalah tidak semua konten tersebut benar-benar aman untuk anak. Tidak jarang ditemui, siaran YouTube memuat konten berbau pornografi, kekerasan, ucapan sarkas, kotor, dan lainnya. Tentu hal-hal demikianlah yang harus diwaspadai.

konten-youtube-untuk-anak

Untuk itu, diperlukan cara filter YouTube untuk anak agar konten-konten demikian tidak disaksikan oleh buah hati Anda dirumah. Langkah itu bisa dilakukan dengan mensetting pengaturan di media. Caranya adalah sebagai berikut;

  1. Buka aplikasi YouTube pada perangkat Anda. Pada tampilan awal, Anda akan melihat ikon tiga titik putih dibagian kanan atas. Pilih ikon tersebut kemudian pilih opsi Settings dibagian paling atas pilihan.
  2. Langkah selanjutnya adalah memilih opsi General. Pada laman opsi tersebut, ubah posisi Resticted Mode pada posisi on atau menyala. Posisi on biasanya ditandai dengan perubahan warna yang lebih terang. Mode inilah yang akan menjaga konten yang bisa disiarkan pada aplikasi YouTube Anda. Konten YouTube yang berbau dewasa akan terfilter dengan sendirinya.

Anda bisa mencoba membuka konten dewasa di akun YouTube tersebut untuk menguji pemfilteran yang telah dilakukan. Konten dewasa secara otomatis tidak akan muncul pada siaran YouTube. Jika Anda mencoba membuka konten tersebut maka YouTube akan menampilkan pesan peringatan pada layar.

Demikianlah pembahasan mengenai cara filter YouTube untuk anak, semoga bermanfaat!

Cara Filter YouTube Untuk Anak Agar Aman dari Konten Berbahaya | Yanti Adriyanti | 4.5