Web
Analytics

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Yang Benar

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Yang Benar – Apakah laptop Anda pernah mati tiba-tiba karena kehabisan daya walau indikator menunjukan bahwa baterai masih tersisa 30 persen lagi? Apabila pernah atau sedang mengalami, Anda harus tahu bagaimana cara kalibrasi baterai laptop yang benar yang akan dibahas di sini.

Dengan berjalannya waktu, pengukur kapasitas baterai jadi bisa bekerja tidak akurat lagi akibat terlalu sering mengalami proses pengisian. Bisa saja karena Anda tidak merawat baterai laptop dengan benar. Kalibrasi baterai laptop lebih baik dilakukan tiga bulan sekali supaya pengukuran kapasitas baterainya berjalan tetap akurat.

Cara Kalibrasi Baterai Laptop

Kalibrasi Baterai Laptop

Beberapa merek laptop ada yang mempunyai aplikasinya sendiri untuk melakukan kalibrasi baterai. Jadi, coba cari tahu dulu di situs resminya mengenai fitur kalibrasi atau cek pada buku panduan penggunaan laptop.

Kalibrasi Secara Manual

Jika laptop Anda tidak mempunyai aplikasi khusus tersebut, Anda bisa melakukannya secara manual. Cara-caranya adalah sebagai berikut.

  1. Charge baterai laptop hingga terisi sebesar 100 persen.
  2. Jika sudah penuh, biarkan dulu baterainya tersambung ke listrik dengan keadaan penuh. Biarkan selama dua jam agar Anda bisa memastikan bahwa tidak perlu ada lagi proses charging. Jadi, Anda bisa memakai laptop seperti biasa saat melakukan kalibrasi.
  3. Cabut chargernya kemudian pakai laptop seperti biasanya sampai mati atau hibernate akibat kehabisan baterai. Apabila Anda tidak memakainya, pastikan terlebih dahulu bahwa laptopnya tidak diatur otomatis untuk tidur saat tidak digunakan.
  4. Sesudah mati biarkanlah laptop Anda istirahat selama lima jam.
  5. Colokkan charger kembali dan tunggu hingga penuh 100 persen. Anda bisa tetap memakai laptop ini saat proses charge berlangsung.

Itulah bagaimana cara kalibrasi baterai laptop yang benar. Apabila semua hal di atas sudah dilakukan maka laptop bisa memberikan informasi kembali mengenai kapasitas baterai yang masih ada secara benar. Dengan cara di atas, jika berhasil maka tidak akan ada kasus dimana laptop anda mati mendadak meski kapasitas masih banyak.

Jadi, secara simplenya, cara untuk melakukan kalibrasi laptop yang benar secara manual, yaitu mengisi baterai laptop sampai penuh. Kemudian mengosongkan kembali baterainya sampai mati kemudian kembali di-charge supaya terisi sampai penuh atau 100 persen.

Itulah cara kalibrasi baterai laptop yang benar agar Anda bisa mendapatkan informasi akurat mengenai status baterai laptop Anda. Agar jika terjadi sesuatu yang tidak beres dengan laptop Anda, Anda bisa mengetahuinya dan lebih cepat mengatasi hal-hal yang lebih buruk terjadi. Semoga berhasil!

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Yang Benar | Khisma Nisa Yuniar | 4.5
error: Content is protected !!