Web
Analytics

Cara Memasukkan Video Facebook ke Blog

Cara Memasukkan Video Facebook ke Blog – Dewasa ini, media sosial Facebook terus mengalami perkembangan. Berbagai fitur tersedia untuk melayani pengguna yang setiap harinya terus bertambah. Hingga saat ini, banyak fitur menarik yang bisa dinikmati, seperti video call, group chatt, hingga tampilan video. Yang lebih menarik lagi, fitur video dari Facebook ternyata bisa dimasukkan kedalam konten blog. Tidak perlu mengarahkan pembaca ke situs Facebook, video ini bisa langsung dinikmati pada blog tersebut.

Cara memasukkan video Facebook ke blog sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun, yang harus diketahui adalah video yang akan dimasukkan atau di embed ke blog haruslah bersifat publik. Jika video di Facebook bersifat private maka proses embed video ke blog tetap tidak bisa dilakukan.

Cara Memasukkan Video Facebook ke Blog

Sebagai tambahan informasi, umumnya video yang diembed dari Facebook menggunakan plugin Adobe Flash Player agar bisa diputar. Sehingga, dibutuhkan plugin lain, seperti Shockwave Flash agar video pada perangkat PC atau laptop bisa diputar secara otomatis. Namun, untuk penggunaan smartphone atau versi mobile, video tetap bisa diputar tanpa harus memasang plugin tersebut. Karena pada versi mobile video embed akan secara otomatis berubah ke format HTML5.

Untuk bisa mengetahui cara memasukkan video Facebook ke dalam Blog, langkah-langkah yang perlu dilakukan sangatlah mudah. Langkah pertama adalah tentukan video yang ingin Anda tambahkan ke blog pribadi. Anda bisa memanfaatkan fitur Graph Search pada Facebook dengan mengetikkan nama video yang ingin dibagi. Langkah selanjutnya adalah buka video yang ingin dibagi, sehingga Anda bisa melihatnya dalam jendela popup atau lightbox. Dengan tampilan seperti ini, Anda dapat dengan jelas melihat tayangan dan durasi video secara keseluruhan.

Langkah ketiga, arahkan mouse pada layar video yang sedang diputar. Akan muncul beberapa menu, seperti Tag Video, Options, Share, Send, dan Like. Pilih menu Options, kemudian ketuk opsi Embed Video. Setelah mengetuk opsi tersebut maka Facebook akan memunculkan potongan kode yang bisa Anda copy dan langsung menyalinnya ke postingan blog yang ingin Anda tambahkan video. Kode-kode ini hanya akan muncul jika Anda membukanya dengan akun Facebook pribadi.

Perlu diketahui, tampilan video Facebook yang ada di blog akan memenuhi lebar parent div website atau blog Anda. Namun, hal tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan tampilan blog. Jika Anda ingin mengubahnya, bisa dilakukan di css website dan mengaturnya sesuai keinginan. Mudah bukan?

Cara memasukkan video Facebook ke dalam blog ini bisa dilakukan siapa saja. Tidak hanya bagi kalangan IT, orang awam pun bisa melakukannya dengan baik. Semoga bermanfaat!

Cara Memasukkan Video Facebook ke Blog | Yanti Adriyanti | 4.5
error: Content is protected !!