Web
Analytics

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Sendiri Sederhana

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Sendiri Sederhana – kebutuhan yang semakin meningkat ini membuat semua orang berpikir ulang dan berinistiatif untuk melakukan penghematan di segala hal. Salah satunya penghematan dalam penggunaan listrik. Tarif yang dikenakan untuk penggunaan listrik semakin hari semakin meningkat, tak jarang membuat orang serasa keberatan dengan beban tanggungan listrik untuk memenuhi kebutuhannya.

Untuk mengatasi beban tersebut, banyak sekali cara yang sudah dilakukan untuk menghemat listrik seperti dalam hal menggunakan listrik sehari-hari secara hemat, penggunaan kapasitor Bank hingga dengan membuat alat penghemat listrik buatan Anda sendiri. Alat atau bahan untuk membuat alat tersebut sangatlah gampang dicari di sekitar rumah Anda. Jadi Anda tak perlu khawatir jika tidak bisa menemukan bahan untuk membuat alat penghemat listrik.

Pemasangan alat penghemat listrik dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu sebelum pemasangan meteran dan setelah pemasangan meteran. Sebenarnya, memasang peralatan penghemat listrik sebelum pemasangan meteran termasuk perbuatan yang ilegal. Akan tetapi jika Anda memasangkan alat tersebut setelah meteran sudah terpasang, maka penggunaan tersebut masih diperbolehkan dan PLN tidak mempermasalahkannya.

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik

  1. Pemasangan sebelum meteran terpasang

Untuk menghemat listrik, Anda bisa memasang kapasitor dan coil sebelum Anda memasang meteran atau Anda dapat memasang trafo sebelum jaringan listrik masuk ke rumah Anda. Karena hal tersebut dilakukan guna merubah kurva cosinus atau puncak gelombang arus listrik, sehingga dengan ini akan menghemat aliran listrik yang keluar.

  1. Pemasangan setelah memasang meteran

Dengan membuat penghemat listrik, ini Anda bisa menggunakan sebuah kapasitor AC atau dengan beberapa kapasitor tambahan yang akan menjadi kapasitor bank. Ini merupakan cara yang efektif karena cara ini dapat mengurangi besaran Cosinus pada kurva AC yang akan terbaca di meteran.

Cara membuat alat penghemat listrik :

Untuk dapat membuat alat penghemat listrik anda harus menyediakan alat berupa:

  1. Kapasitor ukuran 10uF 450 V AC, alat tersebut dipasarkan seharga Rp. 25.000
  2. Lampu dengan ukuran kecil hingga sedang,  jika ada lampu setrikaan.
  3. Box Powersuppy ukuran sedang yang berbahan dasar plastik
  4. Sekring dan fuse 4-5A
  5. Kabel power CPU

Untuk merangkai menjadi alat penghemat listrik, Anda harus merakit seperti pada skema diatas. Dari hasil alat penghemat listrik, Anda dapat menghemat sekitar 20% dari penggunaan listrik jika dibandingkan dengan sebelum pemasangan alat tersebut.  Disarankan untuk anda agar menghubungi pihak PLN terlebih dahulu apakah cara ini legal atau ilegal, agar Anda tidak menyalahi aturan yang sudah ditetapkan di PLN. Jadi Anda dapat terhindar dari permasalahan.

Demikian beberapa Cara Membuat Alat Penghemat Listrikyserta tips yang sudah kami sampaikan. Semoga dapat berguna bagi Anda dan eluarga Anda dalam penghematan pengeluaran tiap bulanya. Tunggu postingan selanjutnya, terima kasih.

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Sendiri Sederhana | Aurah Nurul hidayah | 4.5
error: Content is protected !!