Web
Analytics

Cara Membuat Antena TV Sederhana Mudah

Cara membuat antena TV sederhana – Antena tv yang cukup bagus dengan bahan yang didapat dengan mudah dan harga cukup murah bisa anda lakukan di rumah. Bagi anda yang senang membuat kreasi dan mencoba-coba membuat suatu barang, maka anda dapat membuat antena TV sendiri dengan kualitas yang anda inginkan. Sebelum membuat antena TV, beberapa bahan-bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu seperti:

  1. Pelat seng dengan jenis nisplang berukuran 1 meter. Bila anda menginginkan pelat yang tahan lama terhadap cuaca maka anda dapat menggunakan pelat aluminium.

  1. Kabel antena TV atau kabel coaxial 75 ohm dan konektornya.

  1. Baut, palu dan paku seperlunya serta perkakas seperti obeng serta tang.

Cara membuat antena TV sederhana

  1. Pertama, pelat seng/aluminium dipotong berbentuk trapesium sama kaki, dimana sepasang kaki berukuran 13,5 cm dan kedua sisi lain berukuran 5 cm dan 22 cm. Lakukan pemotongan yang sama hingga anda memiliki 2 buah potongan pelat seng/aluminium trapesium sama kaki.

  1. Kedua, bagian utama pelat seng/aluminium dibentuk seperti elemen antena dipole. Selanjutnya kedua elemen disambungkan dengan kabel coaxial 75 ohm, dimana kabel tersebut yang akan dihubungkan ke slot antena TV.

 

  1. Ketiga, setelah antena terhubung ke kabel coaxial maka pelat di bawah elemen dipole pada antena TV nantinya akan berfungsi untuk mengarahkan antena TV menuju ke bagian sumber sinyal pada channel TV tersebut.

Anda juga dapat mencoba membuat reflektor memiliki dimensi yang lebih besar supaya hasil yang diperoleh lebih bagus lagi. Selain itu, cara lain untuk pelat reflektor dapat anda ganti dengan kayu triplek dengan lapisan kertas aluminium.

Untuk catatan dalam pembuatan antena ini, anda harus memastikan bahwa baut-baut terpasang dengan kencang. Hal ini dikarenakan agar tahan terhadap hembusan angin yang tiba-tiba datang dengan kencang suapay tidak mudah lepas, khususnya apabila anda memasang di luar rumah.

Jangan lupa untuk memastikan juga kabel coaxial terpasang sempurna pada elemen antena. Apabila ada satu kabel sekalipun yang tidak terpasang dengan benar dengan elemen antena, dapat mempengaruhi daya tangkap untuk siaran TV.

Apabila anda menggunakan booster tambahan maka harus dipastikan posisinya dipasang sangat dekat dengan antena agar rugi-rugi kabel berkurang. Apabila anda menggunakan reflektor berukuran lebih besar, maka berikan lubang-lubang pada jarak setiap 5 atau juga 8 cm. Sehingga apabila ada hembusan angin kencang, arahnya tidak akan bergeser.

Demikian cara membuat antena TV sederhana yang dapat anda coba di rumah. Meskipun pembuatan antena TV ini cukup mudah, namun anda juga harus memperhatikan catatan-catatan yang telah dijelaskan di atas agar hasil dari antena TV yang anda buat lebih bagus.

Cara Membuat Antena TV Sederhana Mudah | Aurah Nurul hidayah | 4.5
error: Content is protected !!