Web
Analytics

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Sendiri

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Sendiri – Sekarang ini sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android sederhana sendiri. Misalkan saja seperti aplikasi resmi dari Andrioid yakni Android Studio. 1. Software ini sengaja dibuat untuk memudahkan dalam  membuat dan mengeksekusi aplikasi yang dibuatnya secara real-time dengan PC.

Dengan adanya aplikasi ini seseorang dapat dengan mudah untuk bisa menjadi seorang development mobile. Namun, tak lepas dari itu semua Anda harus sedikit-dikit memahami bahasa pemrogaman. Penasaran dengan cara membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio ? Langsung saja berikut langkah-langkahnya.

Instalasi

Pertama terlebih dahulu anda harus mengunduh aplikasi Android Studio, kemudian install aplikasi tersebut lalu jalankan. Anda dapat mengunduh aplikasi Android Studio melalui link berikut ini : https://developer.android.com/sdk/index.html

  1. Membuat Project baru atau New Project

Setelah berhasil mengunduh dan sukses dalam penginstalan, buka aplikasi Android Studio tersebut. Kemudian pada menu Quick Start pilih “Start a new Android Studio Project”.

  1. Langkah selanjutnya akan muncul tab form. Disini yang harus Anda isi adalah bagian “Application name” (nama aplikasi, terserah Anda, misal: UlaUlala) dan “Company Domain” (nama domain perusahaan, misal : apkAndroid.com). Sedangkan pada lokasi project bisa Anda isi atau biar tetap default.
  2. Setelah itu pilih tombol “Next”, lalu centang pada opsi “Phone and Tablet” kemudian pilih Minimum SDK sesuai dengan tipe dari perangkat Android yang Anda miliki. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda mencoba aplikasi buatan Anda sendiri pada perangkat Android.
  3. Kemudian klik “Next”, klik “Blank Activity” (biarkan form secara default).
  4. Terakhir klik “Finish”.

Melakukan Editing “Welcome Message” (Sambutan awal aplikasi)

  1. Langkah pertama masuk pada bagian activity_main.xml (Pastikan jika Design tab dibuka melalui activity_main.xml).
  2. Kemudian silahkan klik kata berikut “Hello, world” ( tahan dan jangan lepaskan / drag) geser ke bagian tepat di tengah layar.
  3. Selanjutnya pada bagian “Poject File System” (pada bagian samping kiri layar) buka values folder.
  4. Kemudian klik dua kali pada “strings.xml”.
  5. Dalam file tersebut, carilah kata “Hello, world”. Disni Anda dapat menambahkan atau mengganti dengan kata lain yang Anda inginkan. Sebagai contoh “ Selamat Datang di Aplikasi Android Terbaruku”.
  6. Jika sudah ditambah atau diganti, kembali lagi pada tab activity_main.xml.
  7. Lihat kata yang yang sudah Anda buat tadi, pastikan sudah proposional dan terletak pada bagian tengah layar, agar enak dilihat mata.

Menambahkan Tombol Fungsional

  1. Masih pada Desain tab > activity_main.xml. Klik “Button” pada menu Paletter (ada di bagian kiri layar).
  2. Klik tombol tersebut dan geser / drag ke bagian tengah layar. Letakkan tepat dibagian bawah tulisan yang sudah Anda buat tadi atau pada tempat lain.
  3. Patikan tombol masih dalam keadaan aktif atau masih terseleksi. Kemudian klik “text”. Disini Anda dapat mengubat kata “New Button” tersebut dengan kata terserah Anda. Misal “Lanjutkan”, Mulai Game”, “Pilih Level”, dan sebagainya.

Membuat Second Activity

  1. Pertama klik kanan pada menu “App”, kemudian pilih New > Activity > Blank Activity.
  2. Gantilah nama activity tersebut dengan nama lain misalkan saja seperti “SecondActivity”.
  3. Klik “Finish”.
  4. Selanjutnya kembali pada menu Design tab, pastikan aktif di activity_second.xml
  5. Klik text box dan geser ke dalam tengah layar. Cari id text box tersebut pada file.
  6. Selanjutnya buka strings.xml lagi dan buat line baru, letakkan di abawah bagian kata yang sudah Anda buat di awal, dan tuliskan kalimat lain. Misal “Selamat Datang Di Lembaran Bagian Kedua”.
  7. Kembali ke activity_second.xml. Kemudian Klik text box lagi. Pada panel Propertis klik “text”. Selanjutnya arahkan pada “@string/second_page”.
  8. Disini Anda sudah bisa berkreasi dengan membuat berbagai macam activity. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan berbagai fitur, gambar dan lain-lain. Sebagai contoh membuat “onClick” pada tombol. Yaitu cukup masuk pada MainActivity.java, kemudian masukkan kode berikut ini :

Button button = (Button) findViewById(R.id.button);

button.setOnClickListener(new View.onClickListener() {

@Override

public void onClick(View v) {

goToSecondActivity();

}

});

Lalu pada MainActivity class masukkan kode:

private void goToSecondActivity()

{

Intent intent = new Intent(this, SecondActivity.class);

startActivity(intent);

}

  1. Uji Coba
  2. Klik tomboh play (berwarna hijau) pada menu tab.
  3. Pilih device, ceklis pada “launch emulator”.
  4. Klik “OK”.

Demikian, cara mudah membuat aplikasi Android sederhana sendiri. Semoga cara diatas dapat membantu dan bermanfaat. Perlu diketahui, cara diatas hanya sebagai dasar saja, Anda harus mengembangkan sendiri untuk bisa mencapai hasil yang memuaskan.

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Sendiri | Nie Na | 4.5
error: Content is protected !!