Web
Analytics

Cara Membuat Drone Sederhana dengan Mudah

Cara membuat drone sederhana – Drone atau quadcopter merupakan sebuah mainan berupa mesin terbang yang dikendalikan menggunakan remote kontrol. Drone ini memiliki empat baling-baling yang dirancang menggunakan sistem nirkabel. Drone sangat populer dan bervariasi, hal ini mengakibatkan harga drone ada yang dapat mencapai puluhan juta rupiah.

Umumnya drone digunakan untuk mengambil foto melalui udara, tetapi dapat pula digunakan untuk hal lain karena semakin berkembangnya zaman. Drone dapat juga digunakan untuk mengirim barang, dan dapat pula sebagai pengawas ujian.

Cara membuat drone sederhana disini yaitu membuat atau merancang drone dari beberapa komponen yang telah jadi. Berikut beberapa komponen utama yang harus dipersiapkan untuk membuat atau merancang drone sendiri beserta langkah-langkahnya:

Cara membuat drone Sederhana

  1. Rangka (frame)

Bagian utama dari drone ini yaitu rangka (frame). Bahan yang digunakan dalam membuat rangka sangat bervariasi, dapat menggunakan kayu atau juga aluminium. Atau Anda juga dapat membeli rangka drone yang langsung dapat dipakai.

  1. Flight Control Board (FCB)

FCB ini merupakan bagian yang juga disebut otak dari drone yang akan kita buat. FCB memiliki bermacam-macam fitur seperti GPS, gyro, accelerometer, dan lain sebagainya. Anda dapat membeli FCB tersebut dengan harga yang berbeda-beda, harga tersebut tergantung pada fitur yang dimilikinya.

  1. Motor + ESC

Di dalam drone ini diperlukan sebanyak 4 buah motor brusless ataupun outrunner dengan ukuran dari motor ini yaitu kilo volt. Apabila ukuran motor semakin besar maka rpm dari motor tersebut akan semakin tinggi pula.

  1. Baling-baling (propeller)

Baling-baling yang diperlukan untuk menerbangkan drone sebanyak 4 buah. Pemasangan dari baling-baling ini yaitu 2 buah baling-baling diarahkan agar berputar searah dengan jarum jam.

Kemudian untuk 2 buah baling-baling yang lain diarahkan agar berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Perlu diperhatikan bahwa untuk pemasangan baling-baling haruslah dibuat benar-benar presisi supaya drone dapat terbang dengan lancar.

  1. Baterai + Charger

Baterai yang digunakan untuk drone umumnya jenis Li-Po atau Lithium Polymer. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih baterai untuk drone yaitu jumlah cell, kapasitas yang dilmiliki, dan jenis penghubungnya. Untuk baterai Li-Po biasanya 1 cell berukuran 3,7 volt.

  1. Remote

Dalam menjalankan drone, tidak bisa memakai sembarang jenis remote yang dapat digunakan. Minimal 4 channel yang harus dimiliki remote drone yakni thorttle, pitch, yaw, dan roll. Sedangkan remote yang memiliki mode advance umumnya dilengkapi dengan beberapa fitur untuk merekam hingga flight mode.

Demikian cara membuat drone sederhana beserta komponen utamanya. Selain komponen utama, jangan lupa untuk menyiapkan juga komponen sekundernya semisal kamera, lampu, dan juga grabber. Sehingga drone yang Anda buat dapat menghasilkan kegunaan yang cukup banyak.

Cara Membuat Drone Sederhana dengan Mudah | Aurah Nurul hidayah | 4.5
error: Content is protected !!