Web
Analytics

Cara Membuat Radio Streaming Mudah

Cara membuat radio streaming – Di zaman sekarang yang semakin maju ini, salah satunya yaitu dengan semakin majunya sistem informasi. Dulu Anda hanya bisa mendengarkan informasi melalui radio yang dipasang di rumah Anda atau bahkan melalui ponsel pintar Anda. Namun sekarang ini, Anda bisa mendengarkan melalui radio streaming dengan bantuan internet.

Jika anda ingin mendengarkan radio anda dengan cara online, kami sudah menyiapkan tutorial yang sangat mudah sehingga dapat anda gunakan sebagai acuan untuk melakukan radio streaming. Untuk itu simaklah ulasan mengenai cara membuat radio streaming sebagai berikut :

Cara membuat radio streaming

  1. Anda hanya perlu menyiapkan perangkat laptop ataupun komputer yang sudah dilengkapi dengan internet, kabel audio, dan audio mixer.

  1. Jika laptop atau komputer anda belum dilengkapi dengan software Winamp, Sebaiknya download software Winamp terlebih dahulu.

  1. Setelah itu, download software pendukung untuk dapat menggunakan fasilitas radio streaming pada software SHOUTcast DSP Plug-in untuk Winamp.

Untuk mengaktifkan Shoutcast DSP plugin, anda harus klik menu Options setelah itu Preferences dan kemudian klik Plugins > DSP atau Effect pada kolom kiri, setelah itu klik 2x pada pilihan Shoutcast Source. Selanjutnya akan muncul sebuah Tab Shoutcast Winamp.

  1. Anda harus mengisi biodata akun di radio streaming anda pada jendela Shoutcast Winamp, klik Output lalu klik juga Login. Pada kolom IP Server Address, Port, dan Password dapat anda sesuaikan dengan akun anda, dan klik Connect > Using lalu pilih sesuai dengan versi Shoutcast DSP anda.

  1. Isi informasi secara rinci mengenai radio streaming anda lalu klik Output > Directory. Dan isilah dengan nama radio anda, Url website ataupun Blog anda dan juga Genre radio yang akan anda siarkan.

  1. Pilihlah menu Output > Encoder dan pilih format audio streaming anda, tipe encoder MP3 ataupun AAC. Dan juga setting bitrade encoder, 32 kbps 22050 Hz, mono (untuk MP3 contohnya).

  1. Setelah itu, pilih menu Output lalu klik Title untuk mengisi pilihan informasi mengenai track yang sedang atau akan diputar di radio streaming. Anda juga dapat memilih nonaktifkan, sesuai dengan info track Winamp atau memasukkan informasi secara manual.

  1. Untuk melakukan radio streaming, anda dapat memilih menu Input, Nah untuk memilih input radio streaming sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat memilih Winamp untuk menjadikan playlist lagu yang diputar pada Winamp sebagai input streaming. Atau dengan memilih Line-in atau Audio Mixer jika anda ingin mengambil input audio dari sumber lain.

  1. Aktifkan koneksi internet Anda, setelah itu Klik “Connect” pada Shoutcast Winamp untuk menayangkan radio streaming Anda. Ciri-ciri radio streaming jika sudah memulai penyiaran yaitu dengan adanya tanda timer waktu yang sudah berjalan dan bandwith uploud streaming pada Shoutcast Winamp.

Cukup mudah bukan? Anda dapat menyiarkan kegiatan anda secara langsung melalui radio streaming ini. Demikian tutorial yang sudah kami sampaikan mengenai cara membuat radio streaming. Semoga bermanfaat bagi anda.

Cara Membuat Radio Streaming Mudah | Aurah Nurul hidayah | 4.5
error: Content is protected !!