Web
Analytics

Cara Memperbaiki Touchscreen yang Rusak Tanpa Ribet

Cara Memperbaiki Touchscreen yang Rusak Tanpa Ribet – Touchscreen adalah bagian smartphone yang paling rentan mengalami kerusakan. Apakah Anda pernah mengalaminya atau sekarang malah sedang mencari cara memperbaiki touchscreen yang rusak? Artikel ini akan memberikan informasinya untuk Anda.

Memperbaiki Touchscreen

Jika Anda mengalami masalah dengan layar sentuh jangan langsung menggantinya. Selain harganya mahal, layar sentuh yang rusak masih bisa diperbaiki. Kerusakan layar sentuh bisa terjadi karena beberapa hal seperti terendam air atau alasan lainnya. Nah, berikut ini adalah cara memperbaiki touchscreen yang rusak.

 Cara Memperbaiki Touchscreen yang Rusak

Jika touchscreen Anda error maka langkah yang dilakukan untuk memperbaikinya antara lain sebagai berikut.

  1. Lakukan dulu pengecekan, pastikan bahwa touchscreen ponsel Anda tidak pecah atau retak. Jika demikian maka kemungkinan besar layar harus diganti, tidak bisa hanya diperbaiki.
  2. Jika layar sentuh tidah pecah atau retak tapi layarnya terlalu sensitif, Anda perlu membetulkan pengaturan di ponsel Anda. Pada setiap ponsel touchscreen android pasti ada pengaturan kalibrasi.
  3. Bukalah menu tersebut.
  4. Nanti pada layar Anda akan menjadi blank putih jadi jangan kaget. Memang harus seperti itu. Selanjutnya akan ada tulisan muncul yang isinya klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi. Jika pengaturan bahasa ponsel Anda dalam bahasa Indonesia.
  5. Anda harus klik tepat pada titik tempat kalibrasi. Nanti akan ada petunjuk yang menyuruh Anda untuk sentuh layar. Lalu ikutilah petunjuk-petunjuknya sampai selesai.
  6. Setelah selesai maka touch screen smartphone Anda bisa kembali bekerja.

Jika cara di atas tidak berhasil dan ponsel Anda belum juga menyala maka cara-caranya antara lain.

  • Lepaskan semua komponen eksternal seperti kartu memori, kartu SIM, dan baterai. Tapi sebelumnya ponsel Anda harus dimatikan dulu. Kemudian biarkan sampai beberapa detik supaya kapasitor yang ada dalam motherboard tidak mengonsumsi energi.
  • Bersihkanlah layar android menggunakan tisu yang dibasahi oleh sedikit alkohol isopropil.
  • Cara terakhir adalah dengan melakukan factory reset tapi tidak direkomendasikan. Oleh karena dengan ini semua data Anda akan hilang dan keadaan android kembali lagi seperti baru digunakan. Backup dulu semua datanya jika memang terpaksa. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk factory reset. Setiap produk smartphone punya cara yang berbeda jadi silahkan pilih cara-cara ini: Volume Up + Home + Power, Volume Down + Power atau Home + Power. Kemudian cari factory reset memakai tombol volume menuun kemudian pilih memakai tombol Terakhir Anda harus memilih Yes delete all user.

Itulah bagaimana cara memperbaiki touchscreen yang rusak dengan cara simple. Semoga berhasil!

Cara Memperbaiki Touchscreen yang Rusak Tanpa Ribet | Khisma Nisa Yuniar | 4.5
error: Content is protected !!