Web
Analytics

Cara Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy S5

Cara Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy S5 – Samsung Galaxy S5 merupakan salah satu produk unggulan dari Samsung. Banyak fitur menarik di dalamnya yang membuat tidak sedikit masyarakat di Indonesia yang terpikat. Namun begitu dengan fitur yang banyak, membuat sebagian orang, khususnya yang awam akan teknologi kesulitan untuk mengetahui fitur-fitur yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah fitur untuk mengambil screenshot, yang mana kita ketahui sudah ada secara resmi pada perangkat Android 4.0 ke atas. Untuk itu dalam pembahasan kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui 2 Cara SS di Samsung Galaxy S5. Cara pertama menggunakan tombol atau kunci dan yang kedua menggunakan palm gesture, fitur unik dari perangkat Android modern.

Cara Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy S5

Mengambil screenshot Samsung Galaxy S5 dengan tombol

  1. Arahkan layar ke bagian yang ingin Anda screenshot. Misalnya Anda ingin melakukan screenshot pada sebuah aplikasi yang sedang berjalan. Anda bisa masuk terlebih dahulu ke aplikasi yang dimaksud, tepat dimana Anda ingin mengambil fotonya.
  2. Selanjutnya untuk mengambil screenshot Anda bisa menekan tombol “power” dan “home” bersamaan selama beberapa detik.
  3. Tahan hingga Anda mendengar bunyi seperti saat mengambil foto dengan kamera atau layar Anda berkedip. Hal ini menunjukkan bahwa screenshot sudah didapat.
  4. Selanjutnya biasanya akan muncul pesan untuk menyimpan screenshot. Anda hanya perlu memilih folder mana untuk menyimpan screeshot tersebut. Namun pada umumnya screenshot tersimpan secara otomatis di dalam folder “Screenshot” yang ada di aplikasi “Gallery”.

Mengambil Screenshot Samsung Galaxy S5 dengan gesture

Salah satu fitur menarik yang hadir pada Samsung Galaxy S5 adalah penggunaan gesture untuk banyak aktivitas, termasuk juga mengambil screenshot. Namun sebelum melakukan hal ini Anda harus melakukan pengaturan atau konfigurasi terlebih dahulu.

  1. Pertama-tama masuk ke dalam menu “settings” atau pengaturan.
  2. Selanjutnya gulir menu ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Motion”.
  3. Klik dan pilih “Motions and gestures”.
  4. Selanjutnya pilih “Palm swipe to capture”.
  5. Setelah itu tekan tombol toggle dari off ke on.

Keterangan: jika ingin mematikan fitur ini, Anda hanya perlu menonaktifkannya dengan menekan toggle dari on ke off.

  1. Jika sudah diaktifkan, sekarang Anda hanya perlu pergi ke tampilan layar yang ingin diambil screenshotnya. Seperti metode yang pertama, misalnya Anda ingin mengambil screenshot suatu aplikasi, maka masuk ke aplikasi tersebut.
  2. Selanjutnya tegakkan telapak tangan Anda di sisi kanan perangkat. Jari kelingking berdekatan dengan perangkat, sehingga dalam hal ini jempol berada paling atas. Sehingga punggung tangan menghadap ke kanan, bukan ke atas.
  3. Setelah itu gerakkan tangan dari kanan ke kiri.
  4. Jika berhasil akan muncul suara mengambil gambar dan notifikasi penyimpanan, mirip dengan metode pertama.

Anda bisa melihat hasilnya di aplikasi “Gallery”, folder “Screenshot”.

Cara Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy S5 | Balqish Annur Qaishah | 4.5
error: Content is protected !!