Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop

Cara Mengatasi Blue Screen Pada LaptopBlue Screen Of The Death atau mungkin yang lebih kita kenal dengan nama Blue Screen merupakan sebuah gangguan yang biasanya terjadi pada sebuah perangkat electronic seperti laptop atau komputer yang dilengkapi dengan sistem operasi dari Windows.  Terjadinya Blue Screen pada sistem operasi Windows dengan versi terbaru kemungkinan memiliki penyebab lebih serius dari pada versi-versi sebelumnya.

Penyebab dari Blue Screen ini terjadi biasanya karena adanya perangkat Driver yang tidak begitu bagus, terjadinya kesalahan pada Memory, terjadinya kerusakan pada Registry atau mungkin bisa terjadi karena adanya file yang tidak cocok dalam program yang dijalankan.  Blue Screen ini juga sebenarnya bukanlah gangguan pertama yang terjadi pada OS Windows.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop

Sebelum Blue Screen ini terdapat gangguan lainnya seperti Black Screen yang terjadi pada OS/2 dan MS-DOS, kemudian ada juga Red Screen yang terjadi pada versi awal Windows Vista, Red Screen ini terjadi biasanya karena adanya kesalahan pada Bootloader.  Gangguan Blue Screen ini juga sebenarnya pernah dialami oleh pemilik perusahaannya Bill Gates yang pada saat itu sedang mempresentasikan Windows 98 yang masih belum diluncurkan di COMDEX pada 20 April 1998.

Tapi terlepas dari semua itu Blue Screen ini sebenarnya bisa teratasi jika anda mengetahui cara menanggulanginya.  Penasaran seperti apa caranya?  Berikut inilah cara mengatasi Blue Screen pada Laptop dan komputer.

Sebelum mengatasi Blue Screen pertama anda bisa mengatasi terlebih dahulu Laptop yang suka Restart secara otomatis pada saat Blue Screen.  Untuk mengatasinya anda bisa klik Start -> Klik Kanan My Computer -> Klik Propertis -> Klik Advanced System Setting -> Cari Startup and Recovery di Tab Advanced -> Klik Setting -> Hilangkan tanda centang ditulisan Automatically Restart -> Klik Ok.  Jika sudah maka anda bisa mencoba cara-cara mengatasi Blue Screen pada laptop berikut ini.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop

Mengatasi Dengan Windows Action Center

  • Masuk kedalam Control Panel.
  • Selanjutnya anda bisa Klik System and Security.
  • Setelah itu anda bisa memilih Action Center.
  • Jika sudah anda bisa klik tab yang bertuliskan Maintenance”
  • Terakhir anda bisa klik Check For solution dan tunggu sampai Windows menemukan cara mengatasi gangguan yang ada dalam laptop anda.

Mengatasi Dengan Update Install Driver

Driver yang kemungkinan tidak cocok bisa menjadi penyebab terjadinya Blue Screen.  Oleh karena itulah anda bisa mengupdate segala Driver yang ada dalam laptop yang anda miliki.

Mengatasi Dengan Update Windows

Melakukan update pada Windows juga penting atau bisa anda lakukan karena dengan melakukan update ini kemungkinan besar File-file yang sebelumnya rusak atau corrupt bisa tergantikan dengan file yang baru.

Mengatasi Dengan Scan Virus

Virus memang menjadi permasalahan, dan ketuka update yang anda lakukan belum berhasil maka kemungkinan viruslah yang menyebabkan laptop anda Blue Screen.  Untuk Scan Virus ini pastikan juga anda menggunakan antivirus dengan versi terbaru.

Mengatasi Dengan Re-Install Windows

Jika masih terjadi Blue Screen maka apa boleh buat anda harus melakukan Re-Install atau Install ulang Windows pada Laptop yang anda miliki.  Dengan melakukan install ulang ini maka anda bisa mengembalikan file-file rusak dan corrupt penyebab Blue Screen.

Mengatasi Dengan Memeriksa Perangkat Hardware

Jika masih saja Blue Screen maka anda bisa memeriksa komponen Laptop seperti RAM, Hardisk, serta Motherboard yang kemungkinan salah satunya mengalami kerusakan yang membuat laptop anda sering Blue Screen.

Baca juga : Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit

Itulah tadi cara mengatasi Blue Screen pada laptop yang bisa anda lakukan.  Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop | Hamdani Supiyan | 4.5