Web
Analytics

Cara Mengatasi Sony Xperia Z Tidak Bisa Booting

Sebelum mengetahui cara mengatasi Sony Xperia Z tidak bisa booting, Anda mesti mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Sony Xperia Z yang tidak mau booting disebabkan oleh dua hal. Pertama yaitu dari sisi software,tanda bila Sony Xperia Z tidak mau booting karena softwarenya rusak adalah dengan terjadinya bootloop.

Apa itu bootloop? Bootloop adalah keadaan HP ketika dinyalakan hanya muncul logo merk HP. Pada kasus Sony Xperia Z berarti ketika Anda menyalakan HP tersebut yang muncul hanya logo “SONY” saja dan tidak mau menampilkan macam-macam menu. Sehingga HP tidak bisa digunakan untuk apa-apa.

Penyebab kedua Sony Xperia Z tidak mau booting adalah dari sisi hardware-nya. Bisa jadi tombol powernya rusak, baterainya rusak atau layar HP yang rusak. Bila yang rusak hardware-nya sebaiknya Anda membawanya ke service center.

Sementara untuk kasus yang pertama maka Anda  masih bisa berusaha memperbaikinya sendiri yaitu dengan cara mereset atau mengembalikan segala pengaturan Sony Xperia Z ke pengaturan awal bawaan daripabrik.

Bila langkat tesebut tidak berhasil maka Anda bisa melakukan flash atau install ulang Sony Xperia Z Anda.

Untuk melakukannya ikuti tiap instruksi cara mengatasi Sony Xperia Z tidak mau booting di bawah ini:

Mereset Sony Xperia Z

  1. Pastikan tidak Ada data penting telah Anda backup dan tidak ada yang tersimpan di memori internal Sony Xperia Z. Bila ada yang tersimpan di memori internal maka Anda harus merelakannya untuk terhapus.
  2. Matikan Sony Xperia Z
  3. Lalu nyalakan kembali. Ketika menyalakan tahan tombol power dengan tombl volume atas atau volume up hingga muncul menu reset.
  4. Pilih menu “Wipe Data / Factory Reset” bila tidak bisa dipilih melalui layar maka pilih dengan cara memencet tombol power (untuk geser ke kanan dan kiri gunakan tombol volume atas dan bawah)
  5. Setelah Anda memilih menu “Wipe Data / Factory Reset” maka akan muncul pemberitahuan apakah Anda yakin akan melakukan reset Sony Xperia Z Anda atau tidak. Pilih “YES”.
  6. Sony Xperia Z akan melakukan proses reset degan cara restart sendiri dan melakukan booting.
  7. Bila berhasil maka Sony Xperia Z Anda tidak akan berhenti sampai di logi “SONY” saja tetapi juga akan menampilkan berbagai macam menu seperti biasanya .

Cara Flash Sony Xperia Z

Bila cara mengatasi Sony Xperia Z  tidak bisa booting di atas tidak berhasil, maka Anda bisa melakukan install ulang Sony Xperia Z Anda. Ikuti petunjuk di bawah ini:

Pertama siapkan berbagai macam software yang dibutuhkan antara lain:

  1. Flashtool (untuk menginstall ulang)
  2. PC Companion (untuk menghubungkan Sony Xperia Z ke komputer menggunakan kabel USB)
  3. Firmware atau driver Sony Xperia Z

Langkah-langkah flash Sony Xperia Z

  1. Download semua software di atas.
  2. Install Flashtool dan PC Companion di komputer Anda.
  3. Sementara itu bila firmware Sony Xperia dalam bentuk RAR atau ZIP maka ekstrak terlebih dahulu. Esktrak file berformat TFT di C\Users\nama user komputer Anda\.flashtool\firmwares
  4. Buka flashtool yang sudah terinstall.
  5. Klik tombol petir yang ada di sebelah kiri sendiri
  6. Pilih FLASH MODE

 

  1. Pilih firmware yang telah Anda download tadi.
  2. Pada kolom “WIPE” centang semua pilihan sedangkan pada kolom “EXCLUDE” dan “MISC” biarkan saja jangan ada yang dicentang
  3. Klik tombol “FLASH”
  4. Pencet tombol volume bawah tahan jangan dilepaskan lalu sambungkan ke komputer menggunakan kabel USB
  5. Jika proses flash berjalan maka lepaskan volume bawah tersebut. Tanda bila proses flash sedang berjalan yaitu software Flashtool akan memunculkan berbagai macam tulisan.
  6. Bila sampai bermenit-menit tidak berjalan, coba ganti dengan menahan volume atas.
  7. Bila proses flash sudah selesai akan ada tulisan 100% pada software flashtool
  8. Nyalakan Sony Xperia Z Anda. Bila sudah kembali normal dan tidak bootloop lagi cabut kabel USB tersebut.

Silakan pilih salah satu cara mengatasi Sony Xperia Z tidak bisa booting di atas. Jadikan opsi flash atau install ulang sebagai pilihan terakhir bila reset Sony Xperia Z tidak berhasil mengatasi bootloop.

Cara Mengatasi Sony Xperia Z Tidak Bisa Booting | Makka El Fatih Setiawan | 4.5
error: Content is protected !!