Web
Analytics

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara menghemat kuota internet – Pada era saat ini, kebutuhan terhadap internet sudah hampir menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu. Keseharian seseorang sekarang tidak terlepas dari internet. Mulai dari komunikasi, penggalian informasi, hingga dalam ranah bisnis, sekarang hampir semua sektor dapat diakses dengan menggunakan internet.

Bagi Anda pengguna smartphone tentu juga menggunakan kuota internet untuk mengaktifkan data seluler pada smartphone Anda. Kebutuhan kuota internet setiap orang pun berbeda-beda. Jika Anda merasa penggunaan internet anda terlalu boros, terdapat beberapa cara menghemat kuota internet yang Anda gunakan. Cara-cara tersebut antara lain:

Cara menghemat kuota internet

  1. Aktifkan data saver pada crome untuk browsing

Bagi Anda pengguna aplikasi crome, Anda dapat menghemat kuota internet dengan mengaktifkan data saver yang ada pada menu. Caranya adalah dengan pilih menu setting kemudian pilih data saver lalu ON.

  1. Membatasi penggunaan data dengan mengaktifkan peringatan

Cara menghemat kuota internet dapat dilakukan dengan mengaktifkan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada ponsel Anda. Cara mengaktifkan fitur ini yaitu dengan masuk pada pengaturan atau setting > pilih data usage > pilih celuler data > tap pada set cellular data limit untuk mengaktifkan.

  1. Gunakan browser yang lebih efisien

Browser yang Anda gunakan ternyata juga dapat menguras kuota internet. Biasanya browser bawaan ponsel pintar lebih banyak menyedot kuota. Anda dapat menginstal aplikasi Opera Mini atau Crome sebagai alat browser Anda, karena aplikasi ini lebih efisien untuk menghemat kuota.

  1. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang menurut Anda tidak diperlukan

Salah satu cara menghemat kuota internet Anda yaitu dengan menon-aktifkan akun yang mempunyai opsi sinkronisasi, yang tidak dipakai secara berkala. Caranya yaitu dengan masuk dalam pengaturan atau setting pilih Accounts kemudian pilih akun yang tidak perlu di sinkronisasi. Aplikasi yang sudah dipilih tidak dapat tersambung ke internet secara otomatis.

  1. Matikan fitur auto download yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp

Bagi anda pengguna WhatsApp, dapat menghemat kuota internet dengan menon-aktifkan fitur auto download. Caranya yaitu dengan masuk dalam menu setting kemudian pilih chat setting kemudian media auto download lalu non-aktifkan.

  1. Pilih aplikasi yang menghabiskan banyak kuota

Anda dapat mengetahui aplikasi apa saja yang dapat menyedot banyak kuota dengan cara masuk dalam menu setting kemudian data usage. Scroll ke bawah lalu temukan daftar aplikasi yang menghabiskan banyak kuota. Anda dapat menguninstal aplikasi tersebut kemudian ganti dengan aplikasi yang lebih hemat kuota.

  1. Batasi ponsel mengupdate aplikasi hanya saat terhubung dengan wifi

Apabila anda pengguna aplikasi Google Play Store, ponsel akan secara otomatis mengupddate aplikasi yang sudah terpasang. Anda dapat mengaktifkan opsi wifi only sehingga ponsel mengupdate aplikasi jika saat terhubung wifi saja. Caranya dengan masuk pada Play Store > pilih setting > pilih Auto-update apps >pilih auto-update apps over wifi only.

Demikian cara menghemat kuota internet yang dapat Anda lakukan. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol penggunaan kuota internet pada ponsel Anda.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android | Aurah Nurul hidayah | 4.5
error: Content is protected !!