Web
Analytics

Cara Merawat Kamera DSLR dan Lensa Supaya Awet

Cara Merawat Kamera DSLR dan Lensanya Supaya Awet – Dari beberapa jenis kamera, DSLR adalah salah satu yang terbaik. Sama sepeti barang elektronik lain, kamera digital juga butuh dirawat dengan ekstra. Oleh karena barang-barang elektronik memiliki komponen sensitif yang sangat mudah rusak. Pengguna DSLR harus tahu bagaimana cara merawat kamera DSLR dan lensanya juga agar awet.

Rawat Kamera DSLR dan Lensanya

Bagaimana saja cara merawat kamera DSLR beserta komponen penting lainnya, yaitu lensa? Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Merawat Kamera DSLR

  1. Salah satu hal paling penting dijaga dari barang-barang elektronik adalah harus menghindarkannya dari air atau apa pun yang membuat basah, kecuali memang weather sealed atau waterproof. Jika terkena air, di dalam kamera akan terjadi kelembaban sehingga membuatnya rusak.
  2. Rutinlah membersihkan lensa karena kebersihannya harus dijaga. Cara membersihkannya, jangan semprotkan secara langsung cairan pembersih pada lensa. Namun semprot dulu pada lap microfiber, kemudian baru diusapkan ke lensa.
  3. Sebelum mengeluarkan kartu memori atau baterai dan menyambungkan ke komputer, Anda harus matikan kamera terlebih dahulu. Oleh karena kamera bisa tidak tahan dengan adanya perubahan mendadak pada arus listriknya.
  4. Manfaatkan strap kamera agar kameranya tidak mudah jatuh yang seringnya terjadi karena ketidaksengajaan. Kalau memang dengan strap bawaan Anda kurang nyaman maka beli yang menurut Anda nyaman.
  5. Jika akan meninggalkan mobil dalam waktu yang lama, jangan tinggalkan kamera. Apalagi jika sinar matahari langsung mengenai mobilnya. Oleh karena kamera punya rentang suhu yang aman. Sedangkan akumulasi panas pada mobil memiliki risiko melebihi rentang yang telah ditentukan.
  6. Laut memiliki kandungan garam yang sifatnya dapat membuat korosi di komponen logam yang terdapat pada kamera juga lensanya. Nantinya, kamera bisa jadi berkarat. Maka, jika Anda telah menggunakannya untuk memotret di pinggir laut langsung saja bersihkan kameranya. Gunakan lap yang dibasahi sedikit supaya sisa garam yang menempel dapat dihilangkan. Lap terus menerus sampai kering betul.
  7. Pada kamera dan lensa terdapat bagian yang dapat bergerak, contohnya, dial, tombol, baterai, engsel, putaran zoom lensa, focusing ring, dan kartu memori. Jika suatu saat macet, jangan dibuka atau diputar secara paksa. Langsung bawa ke service center agar bisa dibetulkan dengan cepat.
  8. Periksa debu pada sensor kamera, jika ada maka gunakan blower. Apabila debu tidak bisa dihilangkan dengan alat itu maka bawa untuk diservis.
  9. Simpan kamera pada tempat kering serta tidak langsung terkena sinar matahari. Jika punya uang lebih baik beli dry cabinet atau dry box supaya tingkat kelembabannya dapat terkontrol. Atau bisa juga dengan silica gel.

Itu dia bagaimana Cara Merawat Kamera DSLR yang bisa Anda lakukan. Ada banyak bukan yang harus Anda perhatikan!

Cara Merawat Kamera DSLR dan Lensa Supaya Awet | Khisma Nisa Yuniar | 4.5
error: Content is protected !!