Web
Analytics

Cara Overclock Android Tanpa Root Mudah

Cara Overclock Android Tanpa Root MudahOverclock merupakan istilah yang digunakan untuk mempercepat processor atau CPU dalam sebuah komputer, atau yang dibahas disini pada handphone android. Overclock ini biasa dilakukan pada mereka yang handphone androidnya bisa dibilang sudah lemot atau lambat berjalan meskipun sudah dilakukan tindakan uninstall aplikasi, reboot dan sebagainya. Namun ada efek buruk juga yang akan terjadi bila anda mencoba mengoverclocking handphone, seperti saja garansi handphone akan tak berlaku lagi dan handphone anda bisa saja malah rusak.

Ada banyak perbedaan cara dalam overclock handphone ketika mengahadapi berbagai macam tipe handphone. Atau bahkan ada tipe handphone yang sudah dari pabrikannya tidak dapat di overclock. Dalam definisinya, overclock adalah berusaha menjalankan prosessor pada perangkat yang tersedia dengan kecepatan diatas kecepatan standarnya. Bisa diambil contoh, bila pabrikan hp mempunyai prosesor dengan 1,5 GHz dan kemudian akan dinaikkan sebesar 2 GHz. Keuntungannya, handphone akan dapat berjalan sangat cepat dari biasanya. Hal demikian dapat dilakukan dengan beberapa langkah dibawah ini, simak penjelasannya:

Cara Overclock Android Tanpa Root

  1. Pastikan bahwa handphone anda sudah dalam keadaan root dan data sudah di backup sehingga anda tidak perlu kehilangan data yang ada dalam handphone anda. Lakukan Install kernel dengan menyesuaikan tipe handphone yang anda miliki. Cobalah menemukan kernel yang sesuai pada situs XDA Developers.

  1. Lakukan proses flashboot dengan mematikan handphone anda. Mode flashboot dapat ditemukan pada tombol power bersamaan dengan tombol volume bagian bawah yang ditekan berbarengan. Kemudian coba install kernelnya dengan anda menekan petunjuk install dan mengarahkannya ke slot SD anda sehingga memunculkan kernel yang sudah anda download tadi.

  1. Saat kernel sudah terinstall dalam android anda, segera lakukan proses reboot.

 4. Install pula CPU Maneger sebagai aplikasi pihak ketiga yang mendukung proses overclock berjalan lancar.

5. Anda harus mencari settingan atau pengaturan dalam meningkatkan kecepatan prosesor. Peningkatan kecepatan dilakukan dengan bertahap agar handphone tidak kaget dengan kondisi yang lain dari biasa.

Kini handphone anda sudah dilakukan overclocking dan dapat berjalan lebih lancar dan mulus dibandingkan biasanya. Selain keuntungan yang didapatkan, kerugian pasti juga ada seperti, penggunaan daya baterai akan lebih banyak terpakai karena kinerja handphone yang beberapa kali lipat dari biasanya. Baterai akan cepat panas dan boros dalam penggunaannya. Risiko yang paling besar adalah handphone akan mati total sehingga anda harus ke tempat service untuk membetulkannya.

Namun ada cara overcloking lainnya yang bisa digunakan tanpa mengambil tindakan root handphone anda. Cara overclock android tanpa root tersebut, diantaranya seperti, pertama, mencopot pemasangan sekarang juga pada aplikasi game yang mempunyai kapasitas penyimpanan besar. Kedua, jangan menggunakan live wallpaper. Biasanya contoh live wallpaper yang sering digunakan seperti turunnya salju pada layar handphone anda.

Demikian tentang artikel Cara Overclock Android Tanpa Root ini. Semoga membantu anda yang kinerja handphonennya mulai memburuk karena lelet.

Cara Overclock Android Tanpa Root Mudah | Aurah Nurul hidayah | 4.5
error: Content is protected !!