Cara Partisi SD Card Untuk Smartphone Android Anda

Cara Partisi SD Card Untuk Smartphone Android Anda – Ada beberapa contoh mengenai cara partisi SD Card untuk ponsel pintar Anda. Cara ini memang perlu dan harus di lakukan terutama bagi anda yang mempunyai ponsel pintar Android namun hanya memiliki memory internal aplikasi dengan jumlah yang sangat sedikit. Hal ini tentu sangat tidak menyenangkan bagi para pengguna ponsel pintar Android, yang hanya memiliki internal aplikasi yang terbatas. Memang, rata-rata ukuran aplikasi yang populer di Google Play Store minimal mempunyai ukuran sebesar 15MB seperti Instagram, Path, Facebook, Twitter, dan juga BBM. Untuk itu, perlu lah di lakukan partisi SD card untuk bisa memindahkan aplikasi dari memory internal ke memory external. Bahan-bahan utama yang diperlukan adalah tentu saja ponsel pintar Android, card reader untuk mempartisi, dan juga memory card sebagai objek partisi.

Cara Partisi SD Card Untuk Smartphone Android Anda

Contoh Cara Partisi SD Card

Contoh pertama dalam cara partisi SD card adalah dengan menggunakan Partition Wizard. Aplikasi ini sangat mudah di operasikan karena UI dari aplikasi ini terbilang simple. Caranya adalah, masukan memory card anda ke dalam card reader lalu colokan ke dalam USB port laptop atau PC Anda. Masuk ke dalam aplikasi Partition Wizard lalu tekan format. Setelah itu, pilih delete untuk membuang semua cache dan data di dalam memory card. Pilih PRIMARY untuk membuat inti partisi di dalam memory card. Langkah kedua yaitu dengan memilih EXT2, yang nantinya akan digunakan sebagai penyimpan aplikasi dari memory card internal. Klik apply untuk memproses dan tunggu kira-kira 45 detik.

Contoh yang kedua dalam cara partisi SD card adalah dengan masuk ke recovery mode dengan menggunakan ClockWordMod. Metode ini sebenarnya metode yang sangat beresiko karena ketika kita akan menggunakan cara ini, maka kita harus men-root ponsel kita terlebih dahulu agar recovery mode di dalam ponsel kita bisa berjalan. Ketika kita sudah masuk ke recovery mode, pilih advanced untuk opsi agar kita bisa mempartisi memory card kita tanpa bantuan komputer. Pilih partition car, dan setel berapa banyak memory yang akan kita gunakan untuk partisi. Setelah selesai, ponsel akan otomatis melakukan reboot dan selamat, memory card anda sudah dalam keadaan partisi.

Dari kedua cara tersebut, sebenarnya cara dengan menggunakan Partition Wizard terlihat lebih mudah karena kita tidak memerlukan root ke dalam ponsel kita, namun cara yang kedua adalah cara yang terbilang sangat cepat, tanpa harus ada bantuan dari komputer yang akan mempartisi memory card kita. Jika anda ingin cara yang cepat dan langsung bisa memindahkan aplikasi ke dalam memory card kita, maka cara kedua adalah cara yang sangat tepat untuk anda. Itulah dua contoh mengenai cara partisi SD card, dan semoga bermanfaat.

Cara Partisi SD Card Untuk Smartphone Android Anda | Balqish Annur Qaishah | 4.5