Web
Analytics

Perbandingan Android O dan Nougat dari Fitur Lengkapnya!

Perbandingan Android O dan Nougat dari Fitur Lengkapnya! – Dewasa ini, hampir seluruh perangkat yang digunakan masyarakat memiliki sistem operasi Android. Operating System Android sendiri seiring berjalannya waktu terus berkembang dan mengalami perbaruan. Terbukti dengan banyaknya versi Android hingga sekarang.

Dan yang baru-baru ini beredar kabar bahwa Android sudah merilis versi teranyarnya yang bertajuk Android O. Padahal, belum lama ini, Android resmi meluncurkan Android Nougat yang juga banyak digunakan oleh beberapa perangkat Android. Lalu, seperti apa perbandingan Android O dan Nougat yang kini banyak diperbincangkan?

Jika melihat secara keseluruhan, kedua versi Android ini memiliki kelebihan satu sama lain. Tidak heran jika versi terbarunya ini memiliki kelebihan dibanding versi terdahulunya. Android Nougat misalnya, sistem operasi Android ini memiliki fitur bernama Project Svelte yang memungkinkan kinerja RAM lebih minim, sehingga penggunaan baterai bisa ditekan dan lebih hemat.

Di Android O pun sama, ada fitur yang bisa meminimalisir penggunaan baterai agar lebih tahan lama. Namun, cara di Android O ini meniru Apple pada iOS nya dengan membatasi aktivitas dibelakang background yang dilakukan aplikasi smartphone. Pihak VP Android sendiri menambahkan, bahwa timnya membatasi kinerja aplikasi di background di 3 area utama, seperti background services, location updates, dan implicit broadcast.

Selain itu, pada Android Nougat juga terdapat fitur Virtual Reality. Fitur ini tengah berada diatas angin, karena VR sendiri hingga saat ini masih menjadi teknologi yang banyak disanjung. Untuk teknologi VR di Android O masih belum dapat dipastikan adanya. Kemungkinan teknologi tersebut tersedia secara otomatis di Android versi terbaru tersebut.

Perbandingan Android O dan Nougat

Selain fitur penghemat baterai dan teknologi VR, Android juga menerapkan sistem notifikasi di versi tebarunya. Fitur bernama Channels di Android O memungkinkan pengguna gadget Android mengelompokkan notifikasi dari tiap-tiap aplikasi yang terpasang. Berbeda dengan sistem notifikasi di Android Nougat, fitur notifikasi memungkinkan penggunanya untuk membuka isi dari pesan masuk tanpa membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Selain pada sistem penggunaan baterai dan notifikasi, perbandingan Android O dan Nougat juga bisa dilihat dari segi fitur lainnya. Seperti Android O yang memiliki fitur terbaru untuk meningkatkan kualitas audio Android. Android O memungkinkan pengguna untuk bisa menikmati kualitas audio melalui headphone atau speaker nirkabel. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan fitur High Quality Bluetooth Audio Codec ke perangkat Android. Codec ini sama dengan codec LDAC milik Sony, karena fitur ini hasil kerjasama Android dan Sony.

Berbeda dengan Android O, versi Nougat memang tidak menyediakan fitur audio yang maksimal. Namun, pada versi Nougat terdapat fitur multitasking dan Night Mode. Fitur Night Mode ini bisa melindungi mata dari efek buruk dari radiasi cahaya gadget. Sedangkan fitur multitasking memungkinkan pengguna untuk menggunakan beberapa aplikasi dalam satu waktu.

Demikianlah pembahasan mengenai perbandingan Android O dan Nougat yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Perbandingan Android O dan Nougat dari Fitur Lengkapnya! | Yanti Adriyanti | 4.5
error: Content is protected !!