Web
Analytics

Tips Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

Tips Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama – Saat ini laptop bukan lagi menjadi barang mahal. Hampir semua kegiatan para pelajar maupun pekerja menggunakan laptop sebagai salah satu alat bantunya. Selain itu, para vendor laptop pun memproduksi banyak produk dengan harga yang bervariasi, dari yang murah hingga mahal. Itu mengapa semua lapisan masyarakat dapat dengan mudah membeli barang elektronik ini. Namun begitu, kehadiran laptop bukan tanpa kesulitan. Diantara Kita tentu sering merasakan baterai laptop yang cepat habis seiring lamanya penggunaan. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu kegiatan Kita sehari-hari. Oleh sebab itu, sebelum muncul kerusakan yang lebih parah, ada baiknya Anda mengetahui tips agar baterai laptop awet dan beberapa diantaranya dapat Anda ketahui pada pembahasan di bawah ini.

  1. Aktifkan mode hemat daya

Semua laptop sepertinya memiliki mode penghemat daya. Dengan modus ini, nantinya secara otomatis laptop akan melakukan pengaturan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan. Misalnya saja mengurangi pencahayaan, waktu tidur hingga wallpaper. Secara tidak langsung, Anda sudah membuat baterai lebih awet, karena penggunaannya yang tidak berlebihan.

  1. Keluarkan disc

Jika pada laptop Anda terdapat drive disc, maka keluarkan kaset yang terdapat di dalamnya ketika tidak digunakan. Biasanya saat bermain game menggunakan kaset, Kita sering lupa untuk mengeluarkannya kembali. Padahal, disc akan tetap bergerak berputar dan menghabiskan daya baterai meskipun tidak digunakan.

  1. Dinginkan laptop

Pada banyak penelitian disebutkan bahwa paparan suhu yang panas dapat mengurangi umur baterai secara perlahan namun pasti. Oleh sebab itu, gunakanlan laptop pada keadaan udara yang normal. Anda juga dapat menggunakan kipas untuk membuat suhu laptop tetap dalam keadaan dingin.

  1. Perbaharui driver dan software

Biasanya driver dan software diperbaharui agar lebih ringan, nyaman serta efisien. Oleh sebab itu, semakin Anda rajin melakukan update maka penggunaan daya baterai akan lebih sedikit. Secara tidak langsung baterai akan lebih hemat dan berumur panjang.

  1. Hindari penggunaan saat pengisian

Charging baterai hingga penuh dan tidak dicabut mungkin tidak akan menjadi masalah, terlebih jika laptop Anda memang keluaran terbaru, dimana sistem dapat memotong arus listrik ketika baterai sudah dalam keadaan penuh. Namun begitu, hal tersebut tidak berefek jika Anda menggunakannya. Ketika baterai sedang diisi, maka penggunaan akan menyedot daya secara bersamaan. Hal tersebut membuat daya kembali berkurang, sehingga umur baterai pun secara tidak langsung akan berkurang lebih cepat.

  1. Gunakan selalu laptop Anda

Penelitian menyebutkan bahwa Anda harus menggunakan baterai setelah diisi dayanya sebanyak dua hingga tiga minggu sekali. Ketika baterai jarang digunakan, maka umurnya akan berkurang dan akan muncul banyak masalah pada keadaan fisik baterai, misalnya saja karat.

  1. Bersihkan baterai

Tips agar baterai laptop yang terakhir adalah dengan rajin membersihkan baterai. Fokuskan pembersihanpada kontak metal baterai, sehingga transfer daya dari baterai ke laptop akan lebih efisien. Anda dapat menggunakan handuk basah dengan tambahan sedikit alkohol.

Tips Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama | Balqish Annur Qaishah | 4.5
error: Content is protected !!