Web
Analytics

Perbedaan Snapdragon 835 vs Media Tek Helio X30

Perbedaan Snapdragon 835 vs Media Tek Helio X30 – Dewasa ini berbagai teknologi terus dikembangkan bahkan menghasilkan teknologi baru. Seperti yang baru-baru ini menjadi perbincangan dikalangan netizen. Bukan sebuah rahasia jika hampir seluruh smartphone kini dirancang dengan teknologi GPU Snapdragon yang memiliki banyak seri.

Salah satunya yang terbaru adalah Snapdragon 835. Selain chipset dari Snapdragon, ada Media Tek Helio X30. Keduanya memiliki perbedaan dan tentu spesifikasi yang berbeda. Lalu seperti apa perbedaan Snapdragon 835 vs Media Tek Helio X30? Berikut uraiannya.

Perbedaan Snapdragon 835 vs Media Tek Helio X30

Snapdragon 835

Chipset keluaran Qualcomm ini baru dirilis Januari 2017 lalu. Chipset yang satu ini digadang-gadang mampu menjadi jenis processor smartphone flagship dengan baterai yang tahan lama. Arsitektur dari seri Snapdragon terbaru ini di antaranya 2 set core yang terdiri atas 4 X performances cores masing-masing 2.45 GHz. Selain itu, ada 4 X efficiency cores yang masing-masing jumlahnya 1.9 GHz. Snapdragon 835 ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 540 yang didukung dengan GX12, Vulkan, ES, dan OpenGL.

Media Tek Helio X30

Tidak kalah canggihnya, Helio X30 menjadi pilihan processor mobile high-end. Kecanggihan Helio X30 ini dibuktikan dengan adanya 10 buah core CPU yang terdiri atas 2 core Cortex-A73 berkode Artemis (2,8 GHz), 4 core Cortex-A53 (2,2 GHz), dan 4 core Cortex-A35 (2 GHz). GPU yang terdapat di Helio X30 ini buatan dari PowerVR yang bisa lebih menghemat baterai, namun tetap berkinerja tinggi. Untuk perkara storage, Helio X30 ini mendukung penggunaan RAM hingga 8 GB jenis LPDDR4 yang berstandar UFS 21.

Perbandingan Snapdragon 835 dan Media Tek Helio X30

Dari spesifikasi yang sudah diuraikan diatas, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Snapdragon 835 vs Media Tek Helio X30. Dari kecepatan total clock misalnya, Helio X30 memiliki kecepatan 10 X 2.8 GHz, sedangkan Snapdragon 835 berkecepatan 4 X 2.45 GHz. Selain itu, dari kartu grafik yang terintegrasi juga terlihat perbedaan dari keduanya. CPU dari Media Tek memiliki kartu grafik tersebut dan secara resmi sudah terintegrasi. Sedangkan CPU dari Qualcomm tidak memiliki kartu grafik tersebut.

Di antara beberapa perbedaan antara Qualcomm Snapdragon 835 dan Media Tek Helio X30, kedua CPU ini nyatanya memiliki ukuran semokonduktor yang sama, yaitu 10nm. Selain itu, keduanyanya juga memiliki konektivitas dengan jaringan LTE 4G dan mendukung 64-BIT yang dilakukan dalam waktu yang sama. Untuk mempercepat enkripsi dan dekripsi, keduanya memiliki AES dan menggunakan teknologi BIG.LITTLE. Bahkan, kedua CPU untuk smartphone flagship ini juga mendukung virtualisasi hardware-assisted.

Melihat berbagai perbandingan dan perbedaan Snapdragon 835 vs Media Tek Helio X30, dapat disimpulkan bahwa keduanya memang menjadi teknologi CPU yang gahar untuk smartphone. Pengguna bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan smartphone Anda. Semoga bermanfaat!

Perbedaan Snapdragon 835 vs Media Tek Helio X30 | Yanti Adriyanti | 4.5
error: Content is protected !!